Senin, 14 Juli 2014

Tentang Hujan

     Bagi saya hujan memiliki makna tersendiri. Di satu sisi, jujur saya kadang nggak suka kalau hujan datang. Dan di satu sisi lain, saya suka banget kalau hujan turun. Hehe.. Nggak sukanya itu kalau saya mau keluar rumah, tapi malah hujan deras. Soalnya pasti ribet banget mesti make jas hujan, dan belum lagi kalau bawa laptop atau barang elektronik khawatir euy kalau bakal rusak. Terus, nggak sukanya lagi kalau mau buat suatu acara dan planning berlibur. Bayangin deh kita sudah ngerencanain buat acara atau misal berlibur ke suatu tempat misal pantai, tapi malah hujan deras.Ckckckc...  

 
     Tentu pembaca sekalian punya pengalaman tersendiri tentang hujan. Bisa jadi hujan menggagalkan rencana liburan kalian, menyita waktu perjalanan karena menjadi macet dan ribet, kalau nggak hati2 bisa jadi terjatuh karena jalan licin, mengakibatkan banjir, dan lain sebagainya. 

     Hmmm...sebagai manusia kita tentu gak bisa menghalangi kalau hujan mau turun ke bumi. Paling banter kita pasti hanya bisa memohon doa kepada-Nya. Sebab, yang ngatur semuanya kan Tuhan. Jadi, suka2 Tuhan dong lagi mau apa nggak nurunin hujan. Hehe...

     Tapi, sebagai insan beriman kita semestinya dapat memandang hujan sebagai suatu hal positif. Hujan adalah keberkahan dari Tuhan kepada makhluknya. Bukti cinta Tuhan kepada manusia, hewan, dan tumbuhan. Lantas, Rasulullah SAW pun sampai mengajarkan kita adab ketika turun hujan, yaitu berdo’alah “Allahumma shayyiban naafi’an“. Lebih lengkapnya haditsnya seperti ini :
”Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila melihat awan (yang belum berkumpul sempurna) di salah satu ufuk langit, beliau meninggalkan aktivitasnya –meskipun dalam shalat- kemudian beliau kembali melakukannya lagi (jika hujan sudah selesai,). Ketika awan tadi telah hilang, beliau memuji Allah. Namun, jika turun hujan, beliau mengucapkan, “Allahumma shoyyiban nafi’an” [Ya Allah jadikanlah hujan ini sebagai hujan yang bermanfaat].” (Lihat Adabul Mufrod no. 686, dihasankan oleh Al-Albani)

     Hujan juga bisa nyengenin banget loh. Contohnya saat hari libur, tidur berasa jadi lebih nyenyak dan adem. Hehe... Hujan juga dapat bermakna ampunan dari Allah kepada hamba2Nya, sebagaimana firman-Nya dalam surah Nuh ayat 10-12:
Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun,niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.”
     Yaaaps...inilah sedikit kesan saya tentang hujan. Walaupun hujan kadang membuat kita sedikit agak nggak nyaman, tapi semoga kita tetap jadi bisa lebih bersyukur dengan masih turunnya hujan di negeri kita. Dan semoga hujan yang diturunkan pun memang rahmat Allah yang ditujukan kepada kita. Amin YRA ^_^

Tidak ada komentar: