Guyss...kali ini aku akan bercerita lagi tentang pengalaman semasa di Jogja. Cekidot.....
Kenal Lembaga Bimbingan Belajar
Kontekstual IQRA, pertama kali itu pas
ada selebaran pengumuman buat open recruitmen.
Ngelihat pengumumannya itu justru bukan di Fisipol tempat aku ngampus
sehari-harinya. Tapi, malah di fakultas lain tepatnya di Psikologi UGM karena
waktu itu aku lagi ikut latian teater. Nah disela-sela istirahat latihan itu, aku
ngelihat selebaran IQRA dipajang di papan pengumuman dekat musholla karena
memang kebetulan saat itu mau ibadah dulu. Ngelihat pengumumannya cukup
tertarik juga sih pengen gabung. Tapi sempat mikir ikut ga yaa..karena
kebetulan aku lagi sibuk-sibuknya juga dengan kegiatan lain termasuk untuk
persiapan pentas besar (penbes) teater di taman budaya tanggal 18 Februari 2011.
Eh, tapi alhamdulilah pendaftarannya ada batas akhirnya kalo ga salah waktu itu
sampe dengan tanggal 17 Februari 2011. Itu artinya, kegiatan ini kalo diperkirakan
mungkin akan baru mulai setelah acara penbes aku selesai. Ternyata dugaan aku
bener, jadinya lalu kuputuskanlah untuk gabung di IQRA. Setelah mengirim CV,
tes wawancara, akhirnyaa diumumin juga penerimaannya dan kapan bisa mulai
ngajar.
Alasan sederhana aku buat mau ikutan
ngajar di bimbingan kontekstual IQRA ini yaa…itung-itung buat cari pengalaman
dan pahala buat mencerdaskan anak bangsa (hehe…). Hal lain, pada dasarnya sih
aku memang suka ngajar anak-anak. Percaya atau tidak, waktu dulu masih menjadi
bocah ingusan (re: semasa kecil) aku suka banget main sekolah-sekolahan.
Disitu aku jadi guru, terus teman-teman sepermainan aku dilingkungan rumah tak
ajakin main sekolah-sekolahan. Eh, ternyata pada seneng…(haha). Akhirnya
seiring dengan perkembangan waktu, saat aku duduk di bangku SD, SMP, dan SMA ga nyangka juga ya ternyata aku sering dipanggil untuk memberikan bimbingan belajar di rumah
ke anak SD kelas 2, SD kelas 3,
dan SD kelas 5 untuk semua mata pelajaran. Eh, sampai duduk di bangku kuliah
pun, ternyata aku masih bisa terlibat buat ngajarin anak SD lagi
melalui IQRA, tentunya hal yang ga pernah kuperkirakan sebelumnya.
Ada
pengalaman yang cukup berbeda ketika mengajar di IQRA jika dibandingkan dengan
yang pernah kulakukan sebelumnya di kampung halaman yaitu Bontang. Kisah kasihnya
antara lain, pertama, tentu saja
pengalaman pertama kali, karena ngajar di kota pelajar Jogja bukan di Bontang. Kedua, anak yang aku lesin ini (Dhiyah)
sebenarnya ga jauh berbeda dengan anak yang pernah aku lesin dulu yaitu, harus
benar-benar didorong untuk mau belajar. Hanya saja uniknya anak didik yang aku
ajari ini (Dhiyah), menurutku sudah termasuk dalam kategori anak yang pintar, hanya
saja feel untuk belajarnya masih
mood-moodan. Dengan kata lain, yaa terkadang dia bisa saja semangat, tapi kadang
pula sering banget semangatnya ga ada. Salah satu faktornya adalah anak ini
cepat banget mengantuk.
Jadinya,
aku harus benar-benar berusaha agar bagaimana caranya membuat les ini ga hanya
sekedar transfer ilmu tapi juga menjadi menarik bagi dia. Dan, alhamdulilah
ternyata itu berhasil melalui beberapa rancangan yang kulakukan seperti
mengajaknya nge-games yang tentunya
mengandung unsur pendidikan didalamnya, serta mengajaknya bercerita, dan
berbagai pendekatan lainnya secara personal. Ketiga, karena kebetulan aku juga mengajari adeknya yang bernama
Ilham, tentunya ada cerita tersendiri pula disini. Menurut aku Ilham itu
anaknya sangat cerdas dan punya semangat yang luar biasa untuk belajar. Kaget
juga ngelihatnya salut deh pokoknya sama dia. Terbukti alhamdulilah dia
ternyata dapat diterima masuk di sekolah favorit yang ada di Jogja. Kalau ga
salah namanya SD MIN. Pada akhirnya, suatu hal yang bisa kuucapkan untuk
kesekian kalinya adalah aku senang banget bisa gabung di IQRA kenal dengan
anak-anak yang luar biasa, kenal sama ortu murid yang begitu ramah kepada
pengajar, dan mba Nuri yang baik. Terimakasih kuucapkan kepada kalian semua karena
telah pernah menjadi bagian dalam hidupku. ^_^
Nah, setiap bulannya biasanya aku akan melakukan evaluasi terhadap anak lesku. Di bawah ini dapat dilihat salah satu contoh evaluasinya pada summary per bulan (Maret).
Summary
Per Bulan (Maret)
No
|
Mapel/Materi
|
Frekuensi Penyampaian Materi
|
Tingkat Pemahaman Siswa
|
Kendala yang Dihadapi
|
Saran untuk Orang Tua
|
|
Penguasaan konsep dasar : Mendefinisikan dengan bahasa
sendiri
|
Kemampuan analitis
|
|||||
1
|
Bahasa Inggris
|
1x
|
Cukup
|
Cukup
|
Siswa masih kurang bersemangat dalam belajar.
|
Dibantu untuk dapat memberikan motivasi dalam pencapaian prestasi
belajar.
|
2
|
Matematika/Perbandingan
|
1x
|
Masih Kurang
|
Cukup
|
Masih sering mengantuk disela-sela proses belajar.
|
Setelah pulang sekolah dan siswa tidak sedang melakukan kegiatan,
disarankan untuk sebaiknya tidur siang agar malamnya dapat fit dalam belajar.
|
3
|
Bahasa Inggris/Animal,Weather,School,
Food and Drink
|
1x
|
Baik
|
Baik
|
Sudah cukup baik dan bersemangat.
|
Terus dibantu untuk diberikan motivasi bahwa belajar tidak saja
hanyalah suatu kewajiban tetapi yang terpenting adalah sebagai suatu
kebutuhan bagi siswa di masa depan nanti.
|
4
|
Matematika/Mengubah
Pecahan, Skala,Luas Bangun Ruang (Geometri)
|
1x
|
Cukup
|
Cukup
|
Disela-sela proses belajar siswa terkadang bosan sehingga harus
diberi hiburan untuk bercerita.
|
Orang tua sebaiknya mengontrol pula hasil prestasi
|
5
|
Agama Islam/Aqidah
|
1x
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Sudah cukup baik.
|
-
|
6
|
Matematika/Geometri
|
2x
|
Baik
|
Baik
|
Kurang bersemangat karena sedang kelelahan.
|
Siswa dipantau agar tidak terlalu banyak bermain sehingga ada waktu
luang juga untuk beristirahat.
|
7
|
Bahasa Inggris/Pet
|
2x
|
Baik
|
Baik
|
Siswa cepat mengantuk.
|
Disarankan agar Siswa dapat tidur siang terlebih dahulu.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar