Sabtu, 02 Agustus 2014

#Part-1 Keliling Indonesia : Sebuah Pengantar




Salam blogger,
Guyss...sejak dulu saya sudah memiliki mimpi bisa keliling Indonesia dan beberapa negara bagian di Eropa. Tujuannya tak lain adalah ingin menikmati setiap sudut keindahan di bumi ini. Namun, untuk session penulisan kali ini, saya akan fokus dulu di negeri sendiri.

Indonesia itulah namanya. Sebuah negeri yang menurut saya spesial karena keindahan alam yang terkandung didalamnya. Terbukti telah banyak wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. Nggak hanya dari sisi keindahan alam, Indonesia juga memiliki banyak ragam macam budaya. 

Oleh karena itu, salah satu misi hidup saya adalah bisa mengelilingi dan menginjakkan kaki di tanah persada Indonesia itu, lalu menuliskan setiap perjalanan yang telah saya singgahi. Perlu diketahui, Indonesia saat ini terdiri dari 34 provinsi, lima di antaranya memiliki status yang berbeda (Aceh, Daerah Istimewa Yogyakarta, Papua Barat, Papua, dan DKI Jakarta). Provinsi dibagi menjadi 403 kabupaten dan 98 kota yang dibagi lagi menjadi kecamatan, kelurahan, desa, gampong, kampung, nagari, pekon, atau istilah lain yang diakomodasi oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah


Banyaknya jumlah daerah di Indonesia tersebut, mungkin nantinya belum tentu semua akan bisa saya singgahi. Alasannya karena keterbatasan waktu dan dana, serta adanya jatah hidup yang hanya diketahui Tuhan sehingga kita nggak akan pernah tahu sampai dimana kaki akan melangkah. Meskipun demikian, setidaknya sebelum dipanggil oleh-Nya saya sudah bisa menikmati dan menuliskan beberapa tempat yang telah dikunjungi. Berikut di bawah ini, saya cantumkan daftar wilayah yang akan menjadi acuan atau target perjalanan saya. Daftar ini bukanlah hal yang mutlak. Maksudnya, nggak hanya terbatas pada tingkat provinsi dan kota, tapi bisa jadi saya pun akan mengembara ke pelosok kecamatan, kelurahan, desa, gampong, kampung, nagari, pekon, dan sebagainya.

Sumatera

Jawa

Kepulauan Nusa Tenggara

Kalimantan

Sulawesi

Kepulauan Maluku

Papua

Sebelum menerbitkan postingan perihal ini, sebenarnya saya sudah sempat pernah mengunjungi beberapa daerah di Indonesia. Namun, sangat disayangkan beberapa dokumentasinya ada yang hilang sehingga nggak sempat ditulis. Karena itu, rekam jejak perjalanan mengelilingi Indonesia terdahulu yang dokumentasinya masih tersimpan, nanti akan tetap saya ceritakan beserta perjalanan terbaru yang telah saya lalui. Okesip, cerita ini akan dimulai di titik ini. Ditunggu saja kehadirannya yaah guyss... ^_^


Tidak ada komentar: