Kamis, 14 Agustus 2014

Kicauan diperingatan Hari Pramuka

Salam blogger,

Dalam kondisi perut rada mules, to the point aja saya yang bernama Irma Safni mengucapkan selamat hari pramuka. Sekaligus selamat ulang tahun juga buat sahabat saya dokter Syarah Dwi Rezki (re: Icha atau bosela). Setiap memasuki 14 Agustus, di memori otak saya ini nggak bisa terpisahkan antara pramuka dan bosela. Bak, dua sisi dari satu keping koin yang tidak dapat dipisahkan, mungkin itulah sekiranya istilah yang saya lekatkan buat hari pramuka dan bosela (tsaaah…).

 
Btw, bosela dan saya dulu adalah anak pramuka penegak loh. Bahkan, kami berdua berada dalam satu sangga/tim bernama Perintis. Semoga, pada percaya aja deh yah, kalau bosela yang notabene stylenya fashionable, dan saya cewe yang katanya imut ini (owee….) ternyata dulunya adalah anak pramuka (haha…). Bahkan gelar pradani pun sempat saya “kantongi” karena kebetulan saja pernah terpilih semacam ketua putri dalam ambalan cakra puspa patra gudep 001-002 Vidatra Bontang.

Guyss…jujur saya bangga pernah menjadi bagian keluarga besar pramuka. Karena pramuka jualah yang membuat saya banyak belajar. Mulai bagaimana rasanya hidup bersama dalam kesulitan, team work, asiknya berpetualang, hingga merasakan indahnya sebuah kemenangan dalam ajang kepramukaan. Karena pramuka pula, saya dulu jadi kuat banget hampir setiap hari jalan kaki dari kos menuju kampus, jadi kuat mengayuh sepeda kemana-mana, karena pramuka makanan sesederhana apapun bentuknya tetap bisa saya nikmati, dan pramuka membuat saya bisa merasakan indahnya kebersamaan dalam bingkai persahabatan.

Kalau masih ada yang bertanya, pramuka itu apa? maka jawabannya pramuka adalah semacam organisasi pendidikan kepanduan, tapi bentuknya non-formal. Kata “Pramuka” merupakan singkatan dari praja muda karana, yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya. Didalamnya meliputi Pramuka Siaga (tingkat SD), Pramuka Penggalang (tingkat SMP), Pramuka Penegak (tingkat SMA), dan Pramuka Pandega (tingkat mahasiswa). 

Tujuan dari gerakan pramuka itu sendiri mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-prinsip dasar dan metode kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia sehingga anggotanya menjadi manusia yang berkepribadian, dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya.

#Tepuk Pramuka, Pramuka, pramuka, praja muda karana ~

Tidak ada komentar: