Jumat, 29 Agustus 2014

KKPKT Gelar Rapat Kerja Federasi Serikat Pekerja Pupuk Indonesia (FSPPI)

*Tulisan ini telah dimuat pula dalam portal SDM Pupuk Kaltim.


Bontang  Senin (25/8) hingga Selasa (26/8) kemarin, para pekerja PT Pupuk Kaltim (PKT) yang tergabung dalam kepengurusan Korps Karyawan Pupuk Kaltim (KKPKT) menggelar rapat kerja Federasi Serikat Pekerja Pupuk Indonesia (FSPPI). Rapat berlangsung di Kantor Pusat PKT ruang Meranti dan Rajawali. Sekira 50 orang hadir dalam acara tersebut. Mereka terdiri dari Koordinator Unit Kerja (KUK), pengurus KKPKT, dan tamu undangan dari anak perusahaan PT Pupuk Indonesia Holding Company. 

Acara yang berlangsung selama 2 hari ini, pada hari pertama berisi seminar bertema Peningkatan Kinerja Serikat Pekerja dan FSPPI melalui Pemahaman Aspek Hukum, kemudian hari kedua pelaksanaan rapat kerja dengan agenda pembahasan AD/ART, penetapan Kepengurusan FSPPI dan penyusunan program kerja. 
Maskuri Christian selaku ketua panitia mengatakan, rapat kerja FSPPI merupakan agenda rutin tahunan persatuan serikat pekerja APPI. Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu manifestasi kegiatan pengelolaan aspirasi dari seluruh pekerja di dalam perusahaan. 

“Dari acara ini, tentu kita semua berharap bisa mendapat informasi yang lebih mendalam tentang pengelolaan sebuah perusahaan dalam hubungan antara Serikat Pekerja dan Federasi Serikat Pekerja dengan versi Holding yang benar,” kata Maskuri dalam sambutannya. Lanjutnya, ia juga berharap acara tersebut akan berdampak positif kepada hubungan industrial yang sehat, harmonis dan sejahtera, serta meningkatkan produktifitas perusahaan.

Sementara itu, Tedy Nawardin dalam sambutannya selaku kuasa Direksi menuturkan, penyelenggaraan rapat kerja FSPPI merupakan hal yang penting, baik bagi organisasi itu sendiri maupun bagi industri pupuk pada umumnya. Pasalnya, bagi Direksi dan Manajemen, karyawan adalah asset terpenting dalam Perusahaan. Maju mundurnya Perusahaan sangat ditentukan oleh kinerja karyawannya, begitu juga dengan keberlangsungan Perusahaan.Karyawan memegang kunci terhadap kelangsungan hidup Perusahaan melalui kinerja yang baik, inovasi dan ide-ide, serta dedikasi dan kedisiplinannya,” jelasnya.

Selanjutnya, kata Tedy, Serikat Pekerja adalah mitra strategis bagi pengembangan Perusahaan ke depan. Melalui Serikat Pekerja, manajemen mendapat masukan-masukan penting terhadap hal-hal yang terjadi di Perusahaan yang tentunya sangat bermanfaat bagi proses pengambilan keputusan nantinya. 

Atas kegiatan ini, Tedy berharap Serikat Pekerja dapat berfungsi sebagai kontrol manajemen dalam bentuk masukan dan kritik yang disampaikan melalui jalur dan mekanisme yang baik, serta memecahkan persoalan strategis yang dihadapi Perusahaan dengan melakukan lobi kepada pihak-pihak eksternal. 

Senada, Ketua Presidium FSPPI, Pinto mengatakan, Serikat Pekerja merupakan mitra strategis bagi peningkatan kinerja perusahaan, serta membangun komunikasi yang baik antara Holding dan anak perusahaan. “Terimakasih kepada PT Pupuk Kaltim yang telah memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan ini, selamat berkarya, semoga dapat terus membawa FSPPI ke arah yang lebih baik, menjadi mitra strategis bagi Perusahaan dan turut berperan dalam kemajuan Perusahaan,” tutupnya. (Irma Safni)

Tidak ada komentar: