Senin, 14 April 2014

Cara Menjadi Seorang Blogger

 
   Sepanjang perjalanan saya sebagai seorang blogger (re: sebutan bagi orang yang menulis di blog), cukup banyak kesan atau pertanyaan yang saya dapatkan dari pembaca. Mulai via lisan, facebook, bbm, ataupun komen secara langsung di kolom komentar. Salah satu pertanyaan yang pembaca sampaikan kepada saya adalah bagaimana cara membuat blog?.

   Secara tidak langsung, melalui pertanyaan itu saya dapat menangkap sinyal bahwa sesungguhnya beberapa pembaca juga berkeinginan menjadi seorang blogger. Alhamdulilah, saya bahagia saat pembaca juga ingin menjadi seorang blogger. Itu artinya, kegiatan iseng atas nama hobbi yang saya lakukan ini, alhamdulilah bisa memberi sedikit inspirasi. Inilah hakikat hidup saling berbagi dalam kebaikan. 

   Yang pasti, menjadi seorang blogger itu menyenangkan. Apa yang kita rasakan, dengar, lihat, dan pikirkan dapat kita tuang dalam tulisan sehingga dapat menjadi sebuah karya kecil. Dan, blog adalah salah satu wadah yang asik untuk kita dapat menyajikan tulisan. Istilahnya, blog adalah dunia e-diary. Selama menjadi seorang blogger ada beberapa manfaat yang bisa saya pelajari :
  • Sarana belajar menulis. Kalau sudah punya blog, otomatis bagaimanapun caranya kita harus menulis. Sebab, blog harus diisi secara berkala bisa berupa artikel, pengalaman hidup, berita, ataupun cerita lainnya. Dalam menulis, berusahalah untuk selalu jujur, sertakan sumber tulisan yang kita jadikan referensi. 
  • Tempat curahan hati. Dulu mungkin kita sering menuliskan dalam buku diari. Namun, dengan blog kita bisa melakukannya secara online sehingga bisa dibaca oleh publik. Tetapi, sebaiknya hal-hal yang menurut kita sifatnya sangat pribadi, saya sarankan ada baiknya tidak perlu dipublikasikan kita dapat cukup menyimpannya saja sebagai draft di dalam menu dasbor. 
  • Sarana promosi produk dan jasa (toko online). Kita bisa memaparkan berbagai informasi produk yang dijual karena dapat menampilkan gambar dan foto produk, menjelaskan prosedur dan tata cara pembelian produk dan jasa. Singkatnya, blog mempermudah promosi online. 
  • Memperluas jaringan sosial dan sarana promosi diri. Dengan menulis di blog, orang lain yang membaca akan lebih mengenal kita, baik secara personal maupun impersonal. Di blog kita bebas mengungkapkan apa yang kita pikirkan. Mulai dari berbagi informasi dan pengetahuan, ideologi, serta menyebarkan pesan-pesan kebaikan.
   Ada banyak penyedia jasa blog yang bisa kita gunakan secara gratis yaitu, blogspot, multiply, wordpress dan penyedia blog lainnya. Semenjak SMA, saya awalnya mengenal blogspot, karena itulah sampai detik ini saya masih bertahan di blogspot. Masing-masing penyedia jasa blog punya keunggulan tersendiri. 

   Jika pembaca bertanya apa keunggulan blogspot? jawabannya adalah di situs tersebut kita tentu dapat membuat blog secara gratis, dan juga telah bekerja sama dengan Google. Jadi blog yang nantinya pembaca buat, bisa tampil di mesin pencari Google. Tampilan di blogger.com juga sangat simpel sehingga akan cepat mudah dipahami oleh pemula, serta mudah untuk di otak - atik seperti mengganti template atau background blog, menambah widget seperti musik, foto, video, kalender, jam dinding, slideshow, dan sebagainya. Berikut di bawah ini, pembaca dapat melihat tata cara membuat blog :
 
1.  Seperti halnya facebook atau twitter, kita pun harus masuk ke www.blogger.com. Di blogger kita  juga harus mempunyai email terlebih dahulu. Untuk mendaftar, silakan isikan nama email yang sudah kita buat beserta passwordnya minimal 8 karakter. Setelah itu klik Sign In.

 

2. Setelah itu, tinggal klik Buat Blog Baru.


3. Selanjutnya, akan ada menu melayang seperti gambar di bawah ini. Isikan Judul dan  Alamat blog dengan nama blog sesuai keinginan. Apabila sudah diisi, maka nanti ada tulisan di bawahnya alamat blog ini tersedia. Kalau tidak, pembaca bisa mengganti nama blog yang lainnya. Nah, jika sudah kini tinggal memilih template atau tampilan blog, kemudian pilihlah sesuai selera. Untuk template bisa dirubah lagi.


4. Setelah selesai, blog kita pun sudah jadi. Selanjutnya tinggal klik mulai mengeksposkan untuk membuat artikel terbaru atau langsung klik saja gambar pensilnya.


 ~ Selamat mencoba menjadi seorang blogger yaah ^_^ ~


2 komentar:

Ibon mengatakan...

So true.. And nice blog.. Keep blogging.. 😁😁

Irma Safni mengatakan...

Yess keep blogging :)