Selasa, 09 Juli 2013

Romantisme Ramadan 2013

Alhamdulillahi Robbil Alamiinn...Segala Puji bagi Allah SWT, Tuhan semesta alam karena diri ini, keluarga, teman-teman, dan semua orang-orang terdekat yang saya kenal telah diberi umur panjang, sehingga 2013 ini diberi kesempatan untuk bertemu kembali dengan bulan Ramadhan. Bulan suci yang penuh kedamaian, berkah, rahmat, dan ampunan. 
Waktu kecil dulu banyak orang dewasa bilang, kalau ramadhan itu juga bulan yang dimana setan-setan itu dikunci. Mereka semua (re:setan) semacam diborgol dan dibelenggu gitu agar tidak mengganggu umat manusia dalam beribadah. Ntahlah dulu saya cepat percaya begitu saja. Yaaa...namanya juga dulu masih anak kecil yang polos kali yaah. Heheheeee..... 
Setelah saya kemudian telah tumbuh menjadi gadis remaja menuju dewasa (ceilaaaa....) jadi lucu aja gitu rasanya kok dulu percaya begitu saja. Sebab, bukankah justru dibulan ramadhan itu ketika kita bepuasa banyaaaaak banget godaan yang datang. Sekiranya setan lebih kreatif untuk menjerumuskan manusia yang sedang beribadah. Dibisikin inilah....dibisikin itulah.... ada-ada sajalah tipu muslihatnya. 
Tahu gak sih guyss... dulu saya pernah sharing sama teman-teman...iseng aja gitu nanya sebenarnya yang paling susah ditahan ketika puasa itu apa sih? makan atau minum? atau apa yah? kami sepakat ternyata yang paling susah ditahan bukanlah makan atau minum, tapi ketika berinteraksi dengan manusia hanya untuk sekedar mengobrol bersama. Alasannya adalah jangan sampai kita terjebak jadi ngomongin hal-hal yang tidak positif. 

Lalu, ketika mood kita sedang tidak baik jangan sampai cepat terpancing emosi, dan lain sebagainya. Jadi, intinya adalah selama puasa nanti selain menahan makan dan minum, kita juga harus menjaga diri dari hal-hal yang bisa merusak amalan puasa. Karena percuma aja dong yah kita menahan lapar dan haus, tapi ternyata dalam catatan malaikat dan di mata Tuhan kita ga dapat pahala apa-apa. Sia-sialah jadinya....hehee
Nah, beberapa tips yang bisa saya share tentang kegiatan baik yang dapat kita lakukan saat ramadhan diantaranya :
1. Kalau lagi di rumah dan bingung mau ngapain mending tidur aja deh. Karena kata para ulama sih tidurnya orang puasa itu ternyata bernilai ibadah loh. Tapi, kalau misal nggak ngantuk mending baca al-quran. Kata guru ngaji saya dulu, kalau di luar ramadhan kita baca quran, satu kata pahalanya cuma 10. 

Akan tetapi, ketika ramadhan kita baca quran amalan bacaan untuk satu kata pahalanya ada 30 meeeen. Waw...!!! Jadi bayangin aja deh guyss...kalau kita cuma baca surat terpendek yaitu, Alkausar pahalanya berarti udah ratusan. Asiik banget dong yaah....Itu artinya Tuhan baik banget meen di bulan ramadhan...yaa bisa dikata bulan spesial-lah alias bulan yang penuh keromantisan antara manusia dengan Sang Pencipta. Ciieeee...  


2. Melaksanakan sholat sunnah dimalam hari selain sholat wajib 5 waktu. Kegiatan ibadah sholat malam ini biasa disebut sholat tarawih, waktu biasa dilakukan setelah melaksanakan sholat isya. Ibadah ini sudah menjadi tradisi di bulan ramadhan bagi umat islam dan telah dilakukan di masjid masjid sekitar kita. Kalau saya biasanya lebih sering di Masjid Agung Al-Hijrah karena dekat dari rumah (promosii...hehe). Tapi kadang keliling ke masjid-masjid lain juga kok. Mengenai jumlah rokaat untuk sholat tarawih, gak perlu diributkan, asalkan sesuai dengan mahzab yang dianut. Kalau saya mah biasanya cukup 8 rakat aj. Padahal di Al-hijrah itu tarwihnya 20 rakaat plus witir 3 rakat. Tapi kan semampunya aj yah kan. Heheheee....

3.  Dzikir dibulan ramadhan adalah amalan utama lainnya, dzikir terbaik adalah membaca kalimat tahlil ; LAA ILAHA ILLA ALLAH. Bisa dilakukan setiap saat, baik abis sholat, di waktu senggang atau ketika bekerja. Dzikir lain adalah dengan menyebut asma allah atau sebagian dari asmaul husna 99 juga merupakan amalan utama di bulan ramadhan. Kalau saya jujur aja sih belum hapal asmaul husna yang 99 itu hehe....

4. Berinfak atau memberikan sodakoh pada para fakir miskin, masjid atau orang yang lagi kesusahan. gak usah diitung itung berapa  pahala yang dijanjikan allah, tetapi allah telah menetapkan bahwa setiap perbuatan baik kita dibulan ramadhan di mata allah akan mendapatkan balasan  yang setimpal pula. Perlu dicatat kita harus ikhlas guyss.

5.  Jika kita mampu, ayuk memberikan makanan untuk berbuka puasa kepada orang yang sedang berpuasa. Allah menjanjikan pahala bagi orang yang membagikan makan pada orang yang sedang berpuasa ramadhan sebesar amal ibadah yang dilakukan orang yang berpuasa tersebut. Aduhai...sungguh romantis sekali yaah ramadhan ini.

6. Terakhir...Senyum, salam, sapa dijaga. hehe...Dan semakin kuatin ibadah pada sepuluh malam terakhir ramadhan karena itu adalah waktu yang paling mujarab doa dijabah Tuhan. Dan, Demi Tuhan saya sudah merasakan jawaban indah dari Tuhan, tentunya lewat kekuatan doa yang terus saya panjatkan. Jadi, jangan malu yaah guys mengemis kepada Tuhan. Wong Tuhan Maha Kaya Kok, Maha Pengasih lagi Penyayang, serta Maha segala-galanya :) Jadi, sebagai makhluk ciptaan-Nya tidak pantas kita untuk menyombongkan diri, kita ini sangatlah kecil meeen gak ada apa-apanya.Istilah kerennya mari senantiasa kita tawadhu (rendah hati). Insya Allah 

Oh yaah cerita lain tentang ramadhan adalah dimana saya masih ga habis pikir deh, itu kenapa sih dekat-dekat ramadhan hingga ramadhan dilaksanakan, bocah-bocah sukaaa banget main petasan. Kayaknya nggak anak kecil aj deh, tapi sebagian anak remaja ada yang saya lihat masih ikutan main petasan. Orang pada tarwih di masjid, eh bunyiin petasan kasihan kan yah ibadah jadi nggak khusyuk. Aparat kepolisian sebenarnya sudah aktif sih melakukan razia. Tapi, yah itu terkadang masih aja ada yang kebobolan Karena itu, lewat tulisan ini saya menghimbau dan mengajak teman-teman yuk mari kita sama-sama memberantas para petasan lovers. Heheeee *ketawa lagi aaah.... Sebenarnya ada alasan lain kenapa sih saya nggak suka orang main petasan, soalnya dulu itu kan setiap mau ke masjid di jalanan itu ada kumpulan-kumpulan lelaki yang orang bilang agak alay. Kebetulan waktu itu aku lagi jalan sendiri, nggak hanya digodain "hai cewe..." tapi eh tau-tau diam-diam mereka juga iseng banget ngarahin mercon itu "doorr doorr doorr" kaget dan teriaklah saya, untung ga jantungan...Yasalaaammm.

Yang nggak bisa lupa juga adalah suasana ta'jil di masjid. Asiik bangetlah tugas ta'jil bareng teman-teman IRMA (Ikatan Remaja Masjid). Nyiapin bukaan bareng, nyuci piring bareng, baksos bareng, milih kue-kue yang enak juga bareng, Hihiii.... Terus malamnya tarawih dan tadarus bareng, safari ramadhan bareng, nginap bareng pas mau tahajuddan di sepuluh terakhir ramadhan (malam ganjil), nonton teman-teman latihan untuk persiapan lomba tabuh beduk, lomba grebek sahur, dan lain-lain. 

Terus kalau Ramadhan alhamdulilah yah banjir panggilan karena diminta jadi MC di suatu acara, dan baca quran disana sini. Terus dulu sempat ikut lomba juga semacam pidato, dan pemilihan duta islam berprestasi. Alhamdulilah menang...tapi yang penting adalah bagaimana kita meluruskan niat kalau semua itu Insya Allah karena ibadah. 
Akhirnya.... sebuah harapan semoga ramadhan 2013 ini akan memberi warna dan kisah romantis yang lebih indah lagi... Amin YRA :)
Petugas Ta'jil

Persiapan Baksos di Teluk Kadere


Tadarus


3 komentar:

Heriansyah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Heriansyah mengatakan...

sapaa kak yang orangnya gangguin !

ikutan dong kalo ada bakti sosial..

Irma Safni mengatakan...

Sudah lupaa saya bentuk dan rupanyaa kak hahaaaa eeh iya tuh boleh bgt senang rasanyaa klo ada yg ikhlas bantuin hehe