Minggu, 15 Juni 2014

Kekuasaan




0   1.  Apa arti kekuasaan?

Kekuasaan menurut Irma Safni :
Kunci yang dipegang oleh sekelompok orang yang  digunakan untuk melaksanakan  visi dan misinya.
Pada umumnya dalam mengatur tatanan pemerintahan suatu negara.

-          Kekuasaan menurut Meriam Budiarjo : kemampuan seorang atau kelompok untuk mempengaruhi tingkah atau kelompok lain sesuai keinginan pelaku.

-          Di dalam  teori three dimension of power yang sering disebut sebagai golongan radikal dengan tokoh Steven Lukes menurutnya  kekuasaan adalah jika A mempengaruhi B dengan cara yang bertentangan dengan kepentingan B.

-          Di dalam teori pluralis dengan tokohnya David Riesman,Robert A. Dahl & Nelson W. Polsby (1961).Menurut teori ini kekuasaan itu bersifat terpencar dalam masyarakat dan terbagi dalam berbagai kelompok,karena lapisan bawah oleh lapisan atas seringkali dijadikan partner dalam memperjuangkan kepentingnnya.


0   2.  Bagaimana memperoleh perjuangan untuk mempertahankan kekuasaan?

Jika diibaratkan kekuasaan itu bagaikan berlian yang menyilaukan mata bagi siapa pun yang memandangnya dan ia dapat mengundang orang terpikat untuk merengkuh jabatan tersebut. Jadi, wajar ketika banyak orang yang terhipnotis ingin meraih nyamannya keempukan kursi kekuasaan. Tapi begitu ironisnya, demi kekuasaan itu sebagian orang terkadang “gelap mata” dan rela menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya. Sehingga tidak heran ketika catatan sejarah dunia tidak pernah pudar dari kisah-kisah penguasa yang beringas dan lalim. Padahal dibalik tindakan tersebut tak lain hanyalah adanya faktor-faktor tertentu untuk merengkuh dan mempertahankan kekuasaan. Sehingga saya pikir besar kemungkinan cara-cara memperoleh perjuangan untuk mempertahankan kekuasaan tersebut dapat ditempuh dengan :
-          Membuat pematangan strategi politik yang lebih jitu untuk kembali memegang kursi kekuasaan.
-          Berusaha menciptakan tatanan kekuasaan yang baik dalam artian memberikan manfaat kontribusi bagi orang yang dipimpin sehingga dapat kembali mendapatkan hati atau disenangi rakyatnya.


0   3.  Apa guna dari kekuasaan?

-          Dengan kekuasaan seseorang dapat mengendalikan apa yang dikehendakinya dengan dua pertanyaan kemungkinan apakah akan memberikan kontribusi yang lebih baik kepada negara terhadap orang-orang yang dipimpin  atau sebaliknya negara akan terpuruk dari kekejaman kekuasaan yang hanya mementingkan tujuan pribadi atau sekelompok golongan tertentu.
-          Dengan memiliki kekuasaan seseorang dapat memegang dan mengendalikan pusat-pusat kegiatan dalam berbagai sektor pembangunan.

0   4.  Apa yang diberikan kekuasaan kepada  yang memperoleh?

Bagi yang memperoleh kekuasaan tersebut, biasanya kekuasaan memberikan kemudahan-kemudahan kepada pemegang kekuasaan itu untuk mempermudah segala urusan-urusan baik itu yang bersifat pribadi ataupun untuk urusan masyarakat majemuk. Kekuasaan juga memberikan kepada seseorang sebuah pengakuan untuk lebih dikenal oleh khalayak ramai, ataupun bisa jadi kekuasaan juga memberikan kepada yang memperoleh yaitu sikap lebih disegani, dihormati, dan bahkan bisa jadi mungkin ditakuti oleh komunitas manusia yang dipimpin. Tentunya semua itu tergantung dari pemegang kekuasaan tersebut bagaimana sikap dalam kepemimpinan kekuasaannya.

Tidak ada komentar: