Pameran khatulistiwa Expo 2014 yang kembali digelar oleh eSKaMEDIA
Productions 06-15 Juni 2014 merupakan bagian upaya promosi produk-produk lokal dan nasional. Pemikiran
tersebut terinspirasi dari konsep pemberlakuan otonomi daerah yang telah diyakini
semakin mampu membuka peluang yang sangat besar bagi perkembangan, penataan dan
pembangunan ekonomi kerakyatan. Konsep inilah yang kemudian coba dijembatani
melalui pameran Khatulistiwa Expo 2014 dengan komitmen memajukan perekonomian
daerah dengan berbagai upaya. Salah satunya memberikan wadah promosi bagi
pelaku bisnis, Sentra UKM, dan kegiatan produksi jasa lainnya yang dikemas
secara terpadu dalam kegiatan promosi dan hiburan.
Untuk
itulah, keikutsertaan PKBL PT Pupuk Kaltim untuk melibatkan mitra binaannya
didasarkan pada keyakinan bahwa pameran ini dapat dijadikan forum tukar-menukar
informasi antar peserta maupun pengunjung untuk mengetahui selera pasar
sekaligus untuk memperkenalkan kemampuan industri dalam negeri, sehingga
masyarakat pun akan bangga dan mencintai produk bangsanya sendiri. Dalam
pameran ini, Departemen PKBL PT Pupuk Kaltim mengikutsertakan 10 Mitra Binaan
dari wilayah Bontang, Samarinda, Kutai Timur, dan Kutai Kertanegara.
Maksud dan Tujuan :
1.
Mendukung Pemerintah dalam menyukseskan
Program Ekonomi Kerakyatan.
2.
Memberikan kesempatan dan apresiasi kepada
Mitra Binaan untuk memperluas promo produk-produk unggulannya.
3.
Memberikan informasi perkembangan produk
kepada masyarakat.
4.
Memberikan edukasi kepada masyarakat tentang
berbagai alternatif produk dalam pengambilan keputusan terbaik untuk memenuhi
kehidupannya.
5. Menilik
keberhasilan program kerja sama yang telah dijalin antara mitra binaan dengan
pembina.
Sasaran :
1.
Upaya peningkatan kapasitas tata kelola usaha
dan sumber daya manusia yang berhasil dicapai.
2.
Keberhasilan dalam meningkatkan modal usaha.
3.
Keberhasilan memperluas jaringan pemasaran
usaha.
Pengunjung :
1.
Pejabat pemerintah dan swasta
2.
Investor dan buyer
3.
Pengusaha
4.
Pelajar/Mahasiswa
5.
Masyarakat lokal dan luar daerah
Produk-Produk :
1.
Batik khas Bontang dan Samarinda
2.
Pakaian
3.
Makanan hasil olahan laut
4.
Kue kering
5.
Beras
6.
Buah Naga
Peserta :
1.
PT Pupuk Kaltim
2.
PT. KDK Indonesia
3.
PT. Wulandari Bangun Laksana
4.
PT. Balikpapan Regency
5.
Natasha Skin Clinic
6.
Pustaka Ilmu
7.
Allianz Insurance
8.
Dll
1.
Bontang :
-
Suherimei (Mitra Bina Sejahtera) : Koleksi
jahitan baju, kerudung, gaun batik, bross dll dengan nilai penjualan Rp.
3.220.000,-
-
Ewied Collection : Koleksi baju gamis/gaun,
sandal dan sepatu dengan nilai penjualan Rp. 3.700.000,-
-
Kamaluddin (HPPK) : Makanan hasil olahan laut
berupa rumput laut, terasi, bawis kering, kakap kering, dan udang papai dengan
nilai penjualan Rp. 1.400.000,-
-
Fatmawati : Makanan snack kertas, stick ikan
dan rumput laut, amplang bandeng, kacang disco dengan nilai penjualan Rp.
1.330.000,-
-
Abdul Kadir Assegaf/Ellen A. : Koleksi berupa
Batik Kuntul Perak dengan nilai penjualan Rp. 8.770.000,-
-
Ani P. (Rumah baju) : Koleksi berupa Gamis,
dompet, tas, Mukena, dll dengan nilai penjualan Rp. 13.720.000,-
2.
Samarinda :
-
Turyani : Makanan kue kering, akar sampai,
sarung samarinda, dll dengan nilai penjualan Rp. 6.050.000,-
-
Nur Asiyah : Koleksi berupa batik khas
Samarinda dengan nilai penjualan Rp. 2.000.000,-
3.
Kukar dan Kutim :
Pertanian
-
A. Pirade :
Hasil pertanian berupa Buah Naga dengan nilai penjualan Rp. 2.480.000,-
-
Betty Bela B. :
Hasil pertanian berupa beras sawah dengan nilai penjualan Rp. 220.000,-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar