Senin, 16 Juni 2014

Pameran Khatulistiwa Expo 2014



Pameran khatulistiwa Expo 2014 yang kembali digelar oleh eSKaMEDIA Productions 06-15 Juni 2014 merupakan bagian upaya promosi produk-produk lokal dan nasional. Pemikiran tersebut terinspirasi dari konsep pemberlakuan otonomi daerah yang telah diyakini semakin mampu membuka peluang yang sangat besar bagi perkembangan, penataan dan pembangunan ekonomi kerakyatan. Konsep inilah yang kemudian coba dijembatani melalui pameran Khatulistiwa Expo 2014 dengan komitmen memajukan perekonomian daerah dengan berbagai upaya. Salah satunya memberikan wadah promosi bagi pelaku bisnis, Sentra UKM, dan kegiatan produksi jasa lainnya yang dikemas secara terpadu dalam kegiatan promosi dan hiburan.

Untuk itulah, keikutsertaan PKBL PT Pupuk Kaltim untuk melibatkan mitra binaannya didasarkan pada keyakinan bahwa pameran ini dapat dijadikan forum tukar-menukar informasi antar peserta maupun pengunjung untuk mengetahui selera pasar sekaligus untuk memperkenalkan kemampuan industri dalam negeri, sehingga masyarakat pun akan bangga dan mencintai produk bangsanya sendiri. Dalam pameran ini, Departemen PKBL PT Pupuk Kaltim mengikutsertakan 10 Mitra Binaan dari wilayah Bontang, Samarinda, Kutai Timur, dan Kutai Kertanegara.

Maksud dan Tujuan :

1.       Mendukung Pemerintah dalam menyukseskan Program Ekonomi Kerakyatan.
2.       Memberikan kesempatan dan apresiasi kepada Mitra Binaan untuk memperluas promo produk-produk unggulannya.
3.       Memberikan informasi perkembangan produk kepada masyarakat.
4.       Memberikan edukasi kepada masyarakat tentang berbagai alternatif produk dalam pengambilan keputusan terbaik untuk memenuhi kehidupannya.
5.       Menilik keberhasilan program kerja sama yang telah dijalin antara mitra binaan dengan pembina.

Sasaran :


1.       Upaya peningkatan kapasitas tata kelola usaha dan sumber daya manusia yang berhasil dicapai.
2.       Keberhasilan dalam meningkatkan modal usaha.
3.       Keberhasilan memperluas jaringan pemasaran usaha.

         Pengunjung :

1.       Pejabat pemerintah dan swasta
2.       Investor dan buyer
3.       Pengusaha
4.       Pelajar/Mahasiswa
5.       Masyarakat lokal dan luar daerah

Produk-Produk :

1.       Batik khas Bontang dan Samarinda
2.       Pakaian
3.       Makanan hasil olahan laut
4.       Kue kering
5.       Beras
6.       Buah Naga

            Peserta :


1.       PT Pupuk Kaltim
2.       PT. KDK Indonesia
3.       PT. Wulandari Bangun Laksana
4.       PT. Balikpapan Regency
5.       Natasha Skin Clinic
6.       Pustaka Ilmu
7.       Allianz Insurance
8.       Dll

          Hasil Pameran :

1.       Bontang :
-          Suherimei (Mitra Bina Sejahtera) : Koleksi jahitan baju, kerudung, gaun batik, bross dll dengan nilai penjualan Rp. 3.220.000,-
-          Ewied Collection : Koleksi baju gamis/gaun, sandal dan sepatu dengan nilai penjualan Rp. 3.700.000,-
-          Kamaluddin (HPPK) : Makanan hasil olahan laut berupa rumput laut, terasi, bawis kering, kakap kering, dan udang papai dengan nilai penjualan Rp. 1.400.000,-
-          Fatmawati : Makanan snack kertas, stick ikan dan rumput laut, amplang bandeng, kacang disco dengan nilai penjualan Rp. 1.330.000,-
-          Abdul Kadir Assegaf/Ellen A. : Koleksi berupa Batik Kuntul Perak dengan nilai penjualan Rp. 8.770.000,-
-          Ani P. (Rumah baju) : Koleksi berupa Gamis, dompet, tas, Mukena, dll dengan nilai penjualan Rp. 13.720.000,-
2.       Samarinda :
-          Turyani : Makanan kue kering, akar sampai, sarung samarinda, dll dengan nilai penjualan Rp. 6.050.000,-
-          Nur Asiyah : Koleksi berupa batik khas Samarinda dengan nilai penjualan Rp. 2.000.000,-
3.       Kukar dan Kutim :
Pertanian
-          A. Pirade              : Hasil pertanian berupa Buah Naga dengan nilai penjualan Rp. 2.480.000,-  
-          Betty Bela B.      : Hasil pertanian berupa beras sawah dengan nilai penjualan Rp. 220.000,-




Tidak ada komentar: