Sabtu, 02 November 2013

Sarwan, Peternak Sapi yang Menginspirasi : Akui Berkat Binaan PKBL PT Pupuk Kaltim

*Tulisan Safni yang ini telah pernah dimuat di Bontang Post, namun yang dimuat di koran telah melalui proses pengeditan. Jadi tidak plek sama banget dengan yang sekarang safni post di blog. Hehe...


Berkat binaan Program Kemitran dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Pupuk Kaltim, Sarwan (52), seorang warga Guntung mampu mengembangkan inisiatif usahanya dari sekedar beternak sapi, menjadi pemanfaatan usaha lain sehingga segalanya bisa menjadi uang. Dari sapi tersebut, Sarwan mampu mengolah kotoran sapi menjadi pupuk organik. Dalam kreativitasnya yang lain, ia mampu mengolah urine sapi untuk dijadikan sebagai sumber energi.


Pria kelahiran Malang yang semasa mudanya setelah tamat SMA telah tertarik menggeluti dunia bisnis ini, mengaku mendapat pinjaman awal dari PKBL sejak tahun 2001 dengan modal pinjaman yang diberikan senilai 4 juta. Saat itu, dengan modal tersebut ia telah dapat membeli 2 sapi. Tahun 2003, Sarwan mendapatkan pinjaman modal kerja kedua senilai 7 juta. Setelah menyelesaikan pinjamannya, di tahun 2008 ia mengajukan kembali pinjaman ketiga, dan PKBL memberi bantuan pinjaman modal kerja senilai 25 juta. Setelah lunas, di tahun 2010 Sarwan kembali mendapat bantuan modal kerja yang nominalnya lebih besar lagi yaitu, 50 juta. Dengan modal itulah, Sarwan dapat mulai mendirikan kandang dan memenuhi permintaan konsumen dalam penyediaan kebutuhan daging sapi.


 “Dalam usaha yang saya jalankan, setiap tahunnya sapi saya bisa bertambah. Misal dari 2 ekor kemudian beranak menjadi 4 ekor, sekarang ini ada 32 ekor. Sapi saya cepat pula habis karena banyaknya permintaan yang datang dari masyarakat untuk mengkonsumsi daging sapi. Namun, pada saat tertentu seperti lebaran haji saya bisa menyediakan hampir ratusan ekor sapi. Semuanya selalu habis terjual dan saat itu saya bisa mendapatkan hasil penjualan sekitar 600 juta bahkan pernah hampir 1 milyar,” katanya.


Dari usahanya tersebut, ia kini dapat memenuhi kebutuhan keluarganya sehari-hari. Bahkan saat ini, ia juga mulai merintis usaha beternak ikan patin. Lebih dari itu, ia juga mampu menjadi inspirasi bagi tetangga di sekitarnya yang juga mulai mengikuti jejak Sarwan untuk beternak sapi. Semua aktivitas ini, mampu ia lakukan hanya bersama istrinya. Menurutnya, kunci utama untuk dapat mengembangkan diri adalah yang penting semangat dan mampu membaca peluang.


“Kalo kita punya uang, tapi tidak memiliki kemauan tinggi dan usaha pasti akan sia-sia belaka.  Jadi, kunci utamanya itu adalah kemauan dulu. Ketika pemikiran tersebut telah terpatri, jalan untuk mendapatkan modal itu bisa datang sendiri. Oleh karena itu, saya berterimakasih sekali kepada PKBL PT Pupuk Kaltim karena binaan darinya saya bisa seperti sekarang ini,” tutupnya. (Irma Safni)




Bincang-bincang bersama Pak Sarwan

Bincang-bincang bersama Pak Sarwan

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Halo, nama saya Nona. Dwiokta Septiani Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Anita Charles pemberi pinjaman cepat, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 430 juta dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji saya akan berbagi kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan semacam pinjaman, hubungi Ibu Anita melalui email: anitacharlesqualityloanfirm@mail.com.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: septianidwiokta@gmail.com
Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke rekening mereka.

Dr Purva Pius mengatakan...

Hello Everybody,
My name is Mrs Sharon Sim. I live in Singapore and i am a happy woman today? and i told my self that any lender that rescue my family from our poor situation, i will refer any person that is looking for loan to him, he gave me happiness to me and my family, i was in need of a loan of S$250,000.00 to start my life all over as i am a single mother with 3 kids I met this honest and GOD fearing man loan lender that help me with a loan of S$250,000.00 SG. Dollar, he is a GOD fearing man, if you are in need of loan and you will pay back the loan please contact him tell him that is Mrs Sharon, that refer you to him. contact Dr Purva Pius,via email:(urgentloan22@gmail.com) Thank you.

BORROWERS APPLICATION DETAILS


1. Name Of Applicant in Full:……..
2. Telephone Numbers:……….
3. Address and Location:…….
4. Amount in request………..
5. Repayment Period:………..
6. Purpose Of Loan………….
7. country…………………
8. phone…………………..
9. occupation………………
10.age/sex…………………
11.Monthly Income…………..
12.Email……………..

Regards.
Managements
Email Kindly Contact: urgentloan22@gmail.com