Sabtu, 12 Desember 2015

Bedah Buku

Membedah buku seorang penulis dalam suatu forum adalah hal yang pertama aku lakukan sebagai pembicara. Pertama kali pernah terlibat juga dalam bedah buku itu di Jogja, tapi waktu itu aku bertindak sebagai moderator.

Nah, kegiatan bedah buku yang kedua aku lakukan Jumat, 11 Desember 2015 kemarin di Perpustakaan Pupuk Kaltim Bontang. Kegiatan ini terselenggara karena program dari Departemen Diklat, dimana aku diminta untuk mengisi kegiatan tersebut. Awalnya sempat ragu karena belum pernah membedah buku orang.



Karena modal nekat untuk keluar dari zona aman, maka dari itu aku mencoba mengambil tantangan itu. Buku yang aku bedah kemarin judulnya "Nggak usah kebanyakan teori deh..!" karya Monica Anggen.



Dalam karyanya, penulis mencoba memberikan gambaran kepada pembaca bagaimana menjadi manusia kreatif. Sasaran buku ini ditujukan bagi semua orang yang ingin menjadi kreatif, namun susah menemukan ide. Beberapa point inti yang dapat aku ambil dalam tulisan Anggen sebagai berikut :



1.    Buku ini ditujukan kepada semua orang yang ingin menjadi kreatif, tetapi selalu mengeluh karena kehabisan ide.
2.    Kreatif adalah perilaku seseorang yang memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu, baik itu karya seni maupun produk kebutuhan yang mendukung kehidupan manusia.
3.    Prinsipnya kreatif bukan hanya milik pekerja seni. Kreatif harus dimiliki oleh semua orang dan menuntun untuk berpikir cepat di segala bidang kehidupan apapun pekerjaan dan profesinya agar dapat menciptakan sesuatu, meningkatkan karir, memudahkan pekerjaan, dan mengembangkan bisnis.
4.    Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menuju proses kreatif diantaranya  :
-       Berani mengambil resiko
-       Pikirkan tentang ide
-       Lakukan penelitian dan catat sumber inspirasi
-       Tentukan konsep
-       Pilih media atau alat yang akan digunakan
5.    Terdapat beberapa hambatan untuk menjadi kreatif sehingga perlu dihindari antara lain :
-       Tidak percaya diri
-       Tidak dapat menerima kenyataan
-       Memikirkan pendapat orang lain yang negatif
-       Tidak fokus pada konsep

Tidak ada komentar: