Sabtu, 20 Desember 2014

Pelatihan Tata Boga



 
Pelatihan tata boga (bahan dasar rumput laut) bagi Mitra Binaan PT Pupuk Kaltim dilaksanakan atas kerja sama Departemen PKBL PT Pupuk Kaltim dengan LKP BBEC Kota Bontang pada tanggal 1820 Nopember 2014, bertempat di LKP BBEC Jl. Gendang 3 RT. 22 Tanjung Limau Kel. Bontang Baru.
Pelatihan ini merupakan wujud kepedulian PT Pupuk Kaltim untuk terus memberikan program pendidikan kewirausahaan bagi mitra binaan. Sejalan dengan itu, perusahaan pun tak henti-hentinya melatih dan membina masyarakat untuk menjadi wirausaha mandiri khususnya dalam pengolahan rumput laut.
Untuk mengetahui hasil pelatihan, berikut kami sampaikan laporan pelatihan mencakup : tujuan pelatihan, materi pelatihan yang diberikan, jumlah jam efektif, hasil evaluasi yang dicapai, dan hal-hal lain yang dilaporkan atas jalannya pelaksanaan pelatihan.

Tujuan :
-  Memberikan keterampilan khusus kepada mitra binaan terutama di bidang tata boga.
-  Agar masyarakat dapat berwirausaha mandiri, baik perorangan maupun dengan cara berkelompok.
-  Masyarakat diharapkan memiliki kecakapan hidup dan daya saing yang tinggi untuk meraih harapan masa depan yang lebih baik.
-  Mendorong dan menciptakan wirausahawan baru melalui pelatihan yang didukung oleh dunia usaha dan industri,  mitra-mitra usaha, instansi terkait sehingga dapat menciptakan lapangan kerja/usaha baru.
  
A.      Tempat dan Waktu
Pelatihan dilaksanakan di LKP BBEC Jl. Gendang 3 RT. 22 Tanjung Limau Kel. Bontang Baru.
Pelatihan dilaksanakan selama 7 jam pelajaran setiap hari, yang dimulai dari jam 08.00- 16.00 WITA, secara keseluruhan memakan waktu selama 21 jam.
B.      Materi Pelatihan
Materi tata boga olahan hasil laut (rumput laut) yang diberikan dan dipraktikkan :
-  Puding art
-  Singkong rumput laut
-  Puding coklat rumput laut

C.      Peserta
Pelatihan ini diikuti oleh 20 (dua puluh) orang mitra binaan PT Pupuk Kaltim dari wilayah Guntung, Loktuan, Tanjung Limau, Tanjung Laut, Tanjung Laut Indah dan wilayah Bontang Barat.

D.      Instruktur
Pelatihan ini dibina oleh Instruktur yang terdiri 3 (tiga) orang berasal dari LKP BBEC Kota Bontang, atas nama :
-  Fatmawati
-  Elok Erma Arfiari
-  Hariyati
   
Harapan Peserta :


-          Pelatihan tata boga dapat terus berlanjut ke tingkatan selanjutnya dengan materi lebih bervariasi.
-       Ibu-ibu telah mampu membuat kreasi puding art dengan cukup baik.
-    Hasil produk yang dibuat oleh Ibu-ibu memiliki nilai ekonomis yang dapat dijadikan peluang usaha yang cukup menarik.
 

Tidak ada komentar: