Rabu, 19 Juni 2013

22 Karyawan PT Pupuk Kaltim Ikuti Pelatihan Management Development Program (MDP) III



BONTANG - PT Pupuk Kaltim (PKT) mengggelar pelatihan Management Development Program (MDP) III. Sebanyak 22 karyawan PKT ambil  bagian pada pelatihan yang digelar di Gedung Diklat lantai 2 PKT, sejak Senin (10/6) hingga  Senin (17/6)  kemarin.

Kegiatan yang bekerja sama dengan PPM Manajemen dari Jakarta ini bertujuan mendalami manajerial untuk bekal kenaikan jabatan atau golongan.  Karena itu, sasaran dari pelatihan ini diarahkan untuk memahami konsep perencanaan kinerja dengan memahami cara menetapkan standart kinerja dan pengelolaan kinerja dengan memberi umpan balik yang efektif. 

Pertemuan pertama, Senin (10/6) lalu, para peserta disuguhkan presentasi untuk memahami competency model yang ada di PKT. Tim Instruktur menjelaskan ada 3 competency model  PKT diantaranya, core competency diturunkan dari visi-misi dan nilai-nilai organisasi (berlaku untuk semua karyawan), role competency hal ini relevan untuk jabatan yang sifatnya struktural dan fungsional, lalu functional competency untuk membedakan tuntutan kompetensi antar pekerjaan atau job family. Selanjutnya, pada penutupan Senin (17/6) lalu, para peserta diminta mempresentasikan penugasan yang telah diberikan.  

"Untuk memahami konsep perencanaan kinerja, kami dari PPM Manajemen Jakarta memberikan penugasan kepada peserta tentang perencanaan di unit kerja masing-masing, kemudian dipresentasikan dan dievaluasi," jelas L.H Pranoto, Instruktur dalam pelatihan tersebut.

Lebih lanjut dijelaskan Pranoto, adapun pokok bahasan yang menjadi kajian pembahasan terkait dengan perencanaan tahunan unit kerja dan peningkatan proses kerja, kepemimpinan dalam pengendalian unit kerja, serta strategi pelayanan dalam hal pembinaaan dan pengembangan bawahan.  Pada akhirnya,   evaluasi peserta MDP nilai akhirnya akan dilihat dengan score kelulusan minimal 60 %, test akhir 40%, partisipasi di kelas (termasuk proses coaching 20 %), paper (ms. World) 20 %, serta  presentasi 20 %. 

Sementara, Warih Saeko, staf Departemen Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PKT sekaligus peserta dalam pelatihan tersebut mengapresiasi kegiatan ini. Pasalnya, meskipun pelatihan ini baru pertama kali ia ikuti dan waktu untuk mempelajari materi pun cukup banyak, namun materi yang diberikan mampu dipahami dengan baik. "Melalui pelatihan ini setidaknya telah membuka wawasan dan keterampilan baru khususnya dalam membuat proses perencanaan di unit kerja. Karena itu, saya bersama rekan-rekan yang lain sangat antusias terhadap pelatihan ini. Hal ini terbukti dengan tingkat presensi peserta yang setiap harinya selalu hadir, bahkan Sabtu dan Minggu pun kami tetap bertemu untuk mengerjakan tugas pelatihan," ujar Warih. (Safni)





Tidak ada komentar: